Halaman Facebook

Cara Menghitung BMI Indeks Massa Tubuh Atau Body Mass Index

Indeks Masa Tubuh adalah cara yang baik untuk menilai apakah berat badan anda sehat atau tidak untuk kesehatan sehingga mempercepat Kehamilan.

Menghitung Indeks Masa Tubuh cara mudah untuk mengetahui berapa BMI anda (Gambar Ilustrasi)

Kata.Dokter- Indeks Masa Tubuh alias BMI adalah matrix standar yang digunakan untuk menentukan apakah berat badan anda sehat atau tidak sehat.

Cara menghitung Indeks Masa Tubuh atau BMI ialah membandingkan Berat badan anda dengan tinggi badan. Berat Badan dalam Kilo Gram dibagi Tinggi Badan dalam Meter Kuadrat.

Misalnya, anda ingin mencari tahu apakah Anda Normal atau Obesitas. Contoh anda memiliki berat Badan 80 kg dan tinggi 1,7 Meter (175 cm)

Pertama, kalikan tinggi badan dalam Kuadrat; 1,75x175=3,06, lalu bagikan angka berat badan dengan hasil kuadrat tinggi badan; 80/3,06=26,1, Selanjutnya Bandingkan Angka BMI dibawah ini untuk melihat apakah Kesehatan Tubuh anda normal atau Obesitas

• Dibawah 18,5 = Berat Badan Kurang Sehat (4 kali lebih sukit mendapatkan anak)

18,5-22,9 = Berat Badan Normal (Bisa mendapatkan Anak)

23-29,9 = Cenderung Obesitas (2 kali lebih sukit mendapatkan anak)

30 Keatas = Obesitas (4 Kali lebih Sukit mendapatkan anak)

Untuk diketahui, BMI bukanlah metode pengukuran ideal dan akurat menurut Dr. Rexford Ahima Profesor Kedokteran dari Universitas Of Pennsylvania.

Namun apapun alasannya, BMI tetap digunakan hingga kini untuk menjadi rujukan atau Informasi dasar terhadap berat badan yang masuk dalam kategori berbahaya atau tidak.

Sehingga para penderita Kelebihan atau Kekurangan berat abdan bisa lebih dini mengantisipasi hal buruk yang akan terjadi di masa yang akan datang.