40 Orang Warga Kota Kupang Meninngal Dunia Akibat Lakalantas, Terbanyak Pelajar dan Anak Muda -->

40 Orang Warga Kota Kupang Meninngal Dunia Akibat Lakalantas, Terbanyak Pelajar dan Anak Muda

Patung Bernyawa
Kamis, Januari 06, 2022

    Selama tahun 2021, Sebanyak 40 orang warga Kota Kupang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

    Ulustrasi Kecelakaan Lalu Lintas

    Harianflobamora.com-Angka Meninggal Dunia akibat kecelakaan lalu lintas di Kota Kupang tahun 2021 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

    Diketahui, warga Kota Kupang yang meninggal dunia karena Lakalantas Tahun 2020 sebanyak 53 orang, kemudian menurun menjadi 40 orang ditahun 2021.

    Meski demikian, Kasus kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) Kota Kupang tahun 2021 naik 10 kasus dari tahun sebelumnya yakni 270 Kasus Lakalantas.

    Melansir dari Digtara.com, jumlah ini diungkap oleh Kasat Laka Lantas Polres Kupang Kota AKP Andry Aryansyah, SIK, Rabu (5/1/2022)

    AKP Andry menyebutkan, Angka kecelakaan Lalu lintas Tahun 2021 ini meningkat menjadi 270 kasus atau naik 10 kasus dari Tahun 2020 yakni 260.

    Sementara untuk Jumlah Korban meninggal dunia akibat Lakalantas menurut AKP Andry Aryansyah menurun menajadi 40 orang atau turun 13 orang dari tahun sebelumnya yakni 53 orang.

    Lebih lanjut, AKP Andry merincikan jenis kecelakaan yang dialami mulai dari yang paling banyak menimpa pengendara.

    AKP Andry menyebutkan, sebanyak 17 orang meninggal dunia akibat kecelakaan Tugal, Sisanya Tabrak lari, Tabrak pejalan Kaki, Tabrak beruntun dan lain sebagainya.

    Korban luka berat terbanyak karena kecelakaan tunggal dan Tabrak lari,” Ujar AKP Andry Aryansyah SIK Seperti melansir Kamis (6/1/2022)

    Andry menambahkan, Kebanyakkan kecelakaan itu melibatkan kendaraan roda dua yakni 342 unit, Roda empat 57 unit, Roda enam sebanyak 11 unit dan pejalan kaki sebanyak 17 orang.

    Korban kecelakaan lalu lintas baik meninggal dunia, Luka berat dan luka ringan terbanyak berasal dari kelompok Pelajar/Mahasiswa, disusul kelompok yang belum bekerja, kemudian PNS, Polri dan Ibu rumah tangga serta Wiraswasta,” Lanjut AKP Andry

    Menurut Andry, Dari 270 kasus kecelakaan di Kota Kupang Korban dan pelaku diketahui banyak tidak memiliki SIM, tidak memakai Helm baik pengendara maupun penumpang.

    Kasat Lantas ini pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Khususnya Kota Kupang agar memperhatikan kepentingan keselamatan di jalanan.

    Dia juga mengimbau untuk tidak lupa membawa surat-surat kendaraan bermotor serta tetap taat pada peraturan protokol kesehatan dan selalu memakai Masker

    Bagi pengendara Wajib memakai Helm dan Masker demi keselamatan dan kenyamanan. Jangan lupa selalu membawa SIM dan STNK dan kendaraan harus lengkap serta selalu berhati-hati dengan tidak ngebut dan tidak mengkonsumsi minuman keras sebelum atau berkendaraan,” Ujar AKP Andry Aryansyah SIK