Halaman Facebook

Bantu Ambulance Bukakan Jalan Karena Macet, Polisi Malah Memberikan Surat Tilang dan Ancam Dikenakan Pidana

Harianflobamora.com-Niat baik pemuda ini membantu Ambulance yang terjebak Macet, malah mendapat Surat tilang dari Polantas dan diancam jika di teruskan akan dikenakan Pidana.

Tangkapam Layar Tik-tok, diambil minggu (19/12/2021)

Video pengendara Motor yang ditilang karena membantu Ambulance tersebut pun Viral di media Sosial Tik-tok sejak Jumat (17/12/2021) kemarin.

Akibatnya, banyak warganet yang berkomentar miring terhadap Polisi, Bahkan ada yang mengatakan jika polisi hanya mau mengawal orang-orang berduit, Motor Gede (Moge) dan Rombongan Mobil Sport.

Seperti melansir Kompas.com, Terlihat dalam Video Seorang Polisi sedang menyetop dan memperingati pengendara bahwa mengawal Ambulance bukan wewenang Warga atau pengemudi Motor

Selain mencegah Pemotor mengawal Ambulance yang terjebak Macet tersebut, Polisi juga memberikan Surat tilang kepada pengendara Motor yang belum di ketahui namanya ini.

Apa tujuan anda mengawal Ambulance tadi?, Membantu memberikan Jalan? Memberikan pengawalan maksudnya? punya kewenangan enggak kamu tentang pengawalan Ambulance?,” Tanya Polisi kepada Pengendara

Bukan hanya menilang sang pengendara Motor, Polisi itu juga memperingatinya jika Aksinya tetap di lanjutkan maka dia akan dikenakan Pidana.

Saya jelaskan, anda sudah melanggar Pasal 69, saya ulangi, Pasal 12 Undang-undang Nomor 22 tahun 2009.

Dimana kewenangan tentang pengawalan adalah Kepolisian Republik Indonesia, Yang berhak mengawal ada kepolisian Republik Indonesia,” Lanjut Polantas dalam Video

Menurut Polisi, Kalangan Sipil dan Warga Sipil tidak punya kewengan mengawal Ambulance, yang berhak mengawal Ambulance hanyalah kepolisian.

Anda sudah menyalahi Aturan Kewenangan, anda masih memaksakan pengawalan itu, anda akan dikenakan Pidana,” Lanjut sang Polantas

Hingga berita ini diterbitkan, Video Polantas menilang Pengendara yang membantu Ambulance terjebak Macet tersebut sudah di tonton lebih dari 2,2 Juta Kali, 70.000 Orang menyukai dan 26.000 Komentar.

Komentar Warganet

Video tersebut memantik reaksi sejumlah Warganet sebelum ahirnya Viral di Tik-Tok. Banyak warganet menyalahkan Aksi Polisi yang menyetop pengendara Motor.

Kebanyakan mereka menyayangkan Penyetopan yang dilakukan Polisi dan mengatakan Pengawalan yang dilakukan Pengendara Motor sebagai Bentuk Solidaritas.

Betul pak, tapikan Pak Pol jarang Ngawal Ambulan, kebanyakan Ngawal orang-orang berduit,” Timpal Seorang Warganet dalam Kolom Komentar.

Bukan soal wewenang tapi soal kemanusian, kalau trus trusan pake aturan tanpa rasa kemanusiaan, lantas memanusiakan manusia yang mana yang benar?,” Balas Warganet lain

Itu solidaritas Warga, karena kalau polisi yang ngawal pake duit,” Lanjut Warganet lainnya di Kolom Komentar tersebut.

Tanggapan Polri

Terkait viralnya video yang memperlihatkan Polisi memyetop pengendara yang melakukan pengawalan terhadap Ambulance yang terjebak Macet, Direktur Penegak Hukul Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan Polisi harus peka situasi.

Aan mengatakan, Jika Tugas pengawalan memang adalah Tugas Polisi dan tidak sembarang Polisi juga yang bisa melakukannya namun tetap harus peka terhadap Situasi yang terjadi di lapangan.

Sebenarnya ya Polisi kan ada Prioritas ya, mungkin pada saat itu masyarakat punya Inisiatif untuk mengawal, karena dalam situasi Macet mungkin ya, situasi yang sangat Crowded,” Ujar Aan

Kalau ditilang sih memang bisa ditilang, cuman memang sebaiknya tidak ditilanglah, Biarkan dulu, secara Etikanyalah, Etikanya ya” Lanjut Aan

Aan melanjutkan, Undang-undang memang mengatur Masyarakat Sipil tidak boleh melakukan pengawalan terhadap Ambulance.

Namun menurut Brigadir Polisi ini, Polisi harus lebih peka dengan Situasi yang terjadi di Lapangan saat menabil keputusan.

Pada situasi kapan harus menilang. Kan kalau dalam keadaan Macet pun kita beri Diskresi untuk tidak di setop, tidak di tilang. Karena Prioritasnya,” jelas Aan

Aan pun kemudian menyerankan kepada warga Jika melihat kejadian serupa di jalanan sebaiknya meminta Bantuan Polisi.