5 Petinju Asal NTT Dapat Medali di PON Papua Mewakili Bali, Pukulan Telak Untuk Koni dan Pemprov NTT -->

5 Petinju Asal NTT Dapat Medali di PON Papua Mewakili Bali, Pukulan Telak Untuk Koni dan Pemprov NTT

Patung Bernyawa
Sabtu, Oktober 16, 2021

    5 Petinju asal NTT, berhasil mempersembahkan 1 Medali Emas, 1 Perak Serta 3 Perunggu untuk Provinsi Bali di PON Papua 2021. Ini adalah Pukulan telak Buat NTT.

    Laga Final Antara Kornelis Kwangu Langu VS Mario Blasius Kali

    Harianflobamora-Kornelis Kwangu Langu, Petinju Kelahiran Sumba-NTT, harusnya membanggakan NTT karena berhasil meraih medali Emas di PON Papua 2021.

    Namun sayang, Pencapaian gemilang petinju yang bermain di kelas 46-49Kg itu justru dipersembahkan untuk  Provinsi lain yakni Provinsi Bali.

    Sebelum mempersembahkan Emas untuk Bali, Kornelis bahkan sempat mempermalukan NTT di final, Pasalnya Ia harus melawan petinju NTT lainya yakni Mario Blasius Kali.

    Laga yang Berlangsung di Gor Cenderawasih pada 13 Oktober 2021 tersebut ibarat seperti pertarungan kedua saudara karena berasal dari Daerah yang sama.

    Petinju yang pernah meraih 1 Emas dan 2 Perak pada SEA Games ini Mengatakan jika dirinya sangat ingin mempersembahkan Medali untuk Pulau Dewata di PON Papua 2021.

    “Saya juga salah satu penghuni Atlet Tinju pada pemusatan latihan Nasional (Pelatnas) untuk mempersiapkan SEA Games mendatang,” Ujar Kornelis

    “Namun saat ini saya harus kembali ke Daerah untuk memperkuat Kontingen Bali pada Ajang PON di Papua,” Lanjut Putra Sumba ini.

    Bukan hanya Kornelis Kwangu Langu, Ada Petinju NTT lainnya yang malah memilih Membela Provinsi Lain selain NTT.

    Petinju itu adalah Yulius Bria, berasal dari Belu-NTT, terpaksa harus mempersembahkan Medali perak yang diraihnya di Papua untuk Provinsi Bali.

    Raihan Medali Perak dari Putra Timor ini di peroleh setelah kalah dari petinju asal Maluku, Yulius Frando Lumoly pada laga Puncak.

    Dengan tambahan medali yang diperoleh atlet-atlet kelahiran NTT ini, Kini Provinsi Bali menduduki urutan 5 Besar Provinsi peraih Medali terbanyak.

    Mestinya, Prestasi yang dapatkan Atelet-atlet Asal NTT ini menjadi pukulan telak buat KONI dan Pemprov NTT. Terutama untuk Kornelis Kwangu Langu yang sudah mewakili Indoensia pada Ajang Internasional.

    Untuk diketahui, selain kedua petinju diatas, ada Petinju asal NTT lainnya yang berhasil meraih medali dan mewakili Provinsi Bali.

    Mereka adalah Krispinus Mariona Wonda (Kelas 46 Kg Putra), Yulius Babu Eha (Kelas 56 - 60 Kg Putra) dan Jekri Riwu (Kelas 60 - 64 Kg Putra), Semuanya mendapat Medali Perunggu untuk Bali.

    Sementara satu orang Atlet kelahiran NTT lainnya yakni Maria Natalia Londa yang berasal dari Kabupaten Ende, Berhasil Meraih Medali Emas pada nomor Lompat Jauh dan Lompat Jangkit Putri.

    Hadirnya Kornelis di PON Papua mewakili Provinsi Bali, semakin mempertegas anggapan bahwa putra NTT itu akan di kenal oleh penduduk Indonesia sebagai Putra Bali.

    Sementara Sumba dan Provinsi NTT, Daerah dimana Dia dibesarkan hanya akan dikenang sebagai tempat bagi Kornelis Kwangu Langu untuk menumpang lahir.

    Setidaknya itulah Anggapan orang-orang diluar sana yang tidak mengetahui isi Hati Kornelis dan keluarga yang masih sangat mencintainya di Sumba Timur.

    Pesan buat pemerintah dari Fenomena ini adalah, dapat memberikan Perhatian Khusus terhadap Atlet yang telah mengharumkan Nama NTT kedepannya mesti di perbaiki.

    Agar tidak ada lagi putra atau Putri NTT yang Justru Bangga dan Senang mewakili Provinsi lain dan melupakan NTT karena Kurangnya perhatian.