Pesawat Rimbun Air Terjatuh dan Terbakar Hingga Hancur di Papua, Polisi: 3 Kru Kemungkinan Tidak Selamat -->

Pesawat Rimbun Air Terjatuh dan Terbakar Hingga Hancur di Papua, Polisi: 3 Kru Kemungkinan Tidak Selamat

Patung Bernyawa
Rabu, September 15, 2021

    Pesawat Rimbun Air PK OTW  Ditemukan dalam Kondisi Terbakar dan Sudah Hancur, Rabu (15/9/2021)

    Tim Basarnas

    Berita-Harianflobamora-Setelah di Kabarkan Hilang Kontak pada pagi 15 September 2021, Pesawat milik Maskapai Rimbun Air kini sudah di temukan dalam Kondisi yang mengenaskan, Rabu (15/9/2021)

    Pasalnya, Pesawat dengan Kode penerbangan 300 PK OTW ini ditemukan tidak jauh dari Bandara Tujuan Pesawat yakni Bandara Bilogai, Sugapa, Intan Jaya, Papua.

    Keselamatan Kru pun di perhitungkan Oleh Aparat TNI-Polri yang akan melakukan Evakuasi karena kondisi Pesawat yang terbakar dan Hancur terutama di bagian Kepala Pesawat, berdasarkan Pantauan Helikopter sebelumnya

    Terlebih Daerah yang menjadi tempat terjatuhnya pesawat merupakan daerah Rawan serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

    Sehingga TNI-Polri besama Basarnas Meminta Bantuan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama termasuk Pemerintah Daerah setempat untuk membantu Evakuasi Korban.

    Kontak Terahir Sebelum Jatuh

    Bandara yang menjadi tujuan Pesawat Rimbun Air adalah Bilogai Sugapa. Salah satu Bandara di Papua yang tergolong Ekstrim karena berada di antara tepian jurang dengan landasan Pacu yang sangat pendek yakni hanya 600 Meter.

    Penerbangan Nabire-Sugapa Memakan Waktu sekitar 40 menit perjalanan, Terhitung saat Pesawat mulai keluar menuju Area Runway sampai pesawat kembali di Parkiran bandara Tujuan.

    Pesawat Rimbun Air PK OTW yang membawa Kargo Bahan bangunan tersebut terbang menuju Sugapa dalam Kondisi Cuaca hujan dan berkabut

    Didalam Pesawat Naas itu, hanya terdapat 3 Kru Pesawat yakni, Mizra Sebagai Pilot, Fajar Sebagai Kopilot dan Iswahyudi sebagai Teknisi.

    Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, Awalnya Pesawat Take Off dari Kabupaten Nabire Menuju Kabupaten Intan Jaya pada pukul 06.40 WIT

    "Pukul 07.30 WIT, Airnav Sugapa melakukan Komunikasi terahir dengan Pilot sebelum Hilang Kontak," Kata Adita Melalui Pesan Singkat, Rabu (15/9/2021)

    Pasca hilang Kontak, Tim Basarnas yang di Bantu TNI-Polri langsung bergerak melakukan pencarian menggunakan Helikopter di sekitar Lokasi yang dicurigai sebagai Lokasi terahir pesawat.

    Pesawat Ditemukan, Kecil Kemungkinan Kru Pesawat Bisa Selamat

    Bedasarkan Keterangan Kapolres Intan Jaya AKBP Sandi Sultan, Pesawat Ribun Air PK OTW di temukan dalam Kondisi terbakar dan Hancur.

    "Sudah di temukan di ketinggian 2.400 meter, jaraknya 5-6 Km dari Bandara Bilogai Ke arah Distrik Homeyo," Jelas Kapolres Intan Jaya

    Kondisi pesawat yang hancur itu menurut Sandi, Berdasarkan pengamat Helikopter Carteran dari Satgas Elang dari Pos Pamrahwan Yonif Mekanis 512/DY 

    "Kondisi pesawat Hancur, Kecil Kemungkinan (Kru Pesawat) Selamat, Bagian Kepala pesawat yang paling hancur," Jelas Kapolres Intan Jaya, AKBP Sandi Sultan, Rabu (15/9/2021)

    Lebih Lanjut, Sandi Menjelaskan, Proses Evakuasi Korban akan di lakukan melalui Jalur Darat. TNI-Polri juga akan dibantu Masyarakat dalam Proses Evakuasi.