Penghianat, Berperan Sebagai Bos KKB Yahukimo, Kepala Distrik Wusama Ahirnya Ditangkap Satgas Nemangkawi -->

Penghianat, Berperan Sebagai Bos KKB Yahukimo, Kepala Distrik Wusama Ahirnya Ditangkap Satgas Nemangkawi

Patung Bernyawa
Rabu, September 01, 2021

    Harianflobamora-Berperan sebagai Bos Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Kepada Distrik Wusama, Kabuapten Yahukimo, Papuan ahirnya ditangkap Tim Satgas Penegak Hukum Nemangkawi.

    Detik-detik penangkapan Kepala Distrik Wusama, Kabupaten Yahukimo Papua

    Penangkapan salah satu Pejabat Wilayah Papua bernama Etius Baye (EB) ini, karena perannya sebagai otak dan Penyokong Dana Bagi KKB di Papua.

    "Jadi semua keperluan KKB di Dekai, disiapkan oleh Etius Baye. Dia juga yang ngeundang Tenius Gwijangge untuk bergabung dalam KKB Yahukimo," Jelas Ketua Gakkum Nemangkawi Kombes Pol Faizal Rahmadani, Rabu (1/9/2021)

    Kombes Faizal juga mengatakan, Etius Baye ditangkap bersama tiga orang lainnya yang juga terlibat yakni EH, Y dan YH pada Jumat (27/8/2021

    Kronologi Penangkapan

    Penangkapan Bermula dari adanya Informasi terkait kendaraan berwarna Hitam yang sering melintasi Dekai menuju Lokasi yang berada di Pinggir Kali Brazza

    Dari Informasi tersebut, Tim Gakkum Nemangkawi kemudian mendalaminya, namun dalam waktu beberapa saat kemudian, Tak disangka, kendaraan yang di cari melintas di depan Mapolres Yahukimo

    Sehingga Petugas yang berjaga langsung menggiringnya masuk ke dalam Mapolres dan pengemudinya bernama EH dimintai keterangan

    EH dalam keterangannya kepada kepada penyidik EH mengaku ada belasan anggota KKB di rumah EB, Mengetahui Hal itu, Anggota Satgas Nemangkawi pun langsung bergerak dan melakukan penangkapan.

    "Namun saat penangkapan, 5 orang yang berada di Honai dan yang ada di belakang rumah melarikan diri," Ujar Faizal

    Dari hasil penggerebekkan itu, Tim Gakkum nemangkawi berhasil mengaman kan 8 orang dan 4 diantaranya sudah di tetapkan menjadi tersangka.

    4 orang yang sudah di tetapkan menjadi tersangka memiliki Peran Masing-masing antara lain, EH sebagai Sopir yang mengantar keperluan KKB, Y adalah Keponakan Etius Baye yang berperan menyiapkan Logistik, sementara YH adalah anggota KKB.

    "YH merupakan anggota KKB yang terlibat dalam berbagai aksi. Termasuk pembunuhan empat pekerja bangunan di kampung Bingky, Distrik Seradala, pada tanggal 29 Juni lalu dan pembunuhan dua pelerja PT Indo Mulia Baru di Jembatan Kali Brazza tanggal 23 Agustus 2021 lalu," Lanjut Kombes Pol Faizal.