Halaman Facebook

Meski Kalah Dari Maluku Utara, Tim Sepakbola NTT Tetap Berbangga, Ini Alasannya

Sudah 30 Tahun NTT tidak Tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) sejak terahir kali Tampil pada PON XII tahun 1989 di Jakarta.

Tangkapan Layar NTT VS Maluku Utara di Stadion Mandala, Jayapura, Papua (28/9/2021)

Harianflobamora-Tim Sepakbola Putra NTT baru saja menelan Kekalahan Perdana di Pertandingan Penyisihan Group A PON XX Papua, Selasa (28/9/2021)

Pada Pertandingan yang di selenggarakan di Stadion Mandala, Kota Jayapura tersebut, Maluku Utara tampil sebagai Tim tamu dan menang Tipis dengan Skor 1-2.

Jalannya pertandingan, Skor di buka pertama kali oleh Maluku Utara pada menit ke-3, di Cetak oleh kapten Tim Ichlasul Qadri.

Pada Dasarnya NTT mampu menyamakan Kedudukan pada menit ke 72 saat Para pemain Maluku Utara sudah menggunakan Strategi menguluru-ulur Waktu.

Ines Nau, yang juga sebagai Kapten Tim, memanfaatkan Blunder dari Kiper Maluku Utara Andrian Hadi Daud yang terlalu lama menahan Bola

Namun, pada menit ke 86 Skor Kembali berubah setelah Pemain Nomor Punggung 9 dari Maluku Utara Sunawan Rusli mencetak Gol dan membuat Timnya kembali Unggul.

Skor 1-2 kemudian tidak berubah sampai ahir pertandingan dan membuat Maluku Utara kini menempati Posisi Runer Up di Bawah tuan Rumah Papua yang sehari sebelumnya menang atas Jawa Barat dengan Skor 5-1.

Meski begitu, NTT masih punya Kans untuk Lolos ke Fase berikutnya jika Mampu mengalahkan Juara Bertahan Jawa Barat dan Tuan Rumah Papua.

Tim Sepakbola Putra NTT Baru Tampil Setelah 30 Tahun

Adanya Tim Sepakbola NTT di PON XX Papua 2021 menjadi catatan tersendiri. Pasalnya, Tim sepakbola NTT tidak pernah tampil di PON selama 30 Tahun sejak terahir tampil pada PON XII tahun 1989 yang di selenggarakan di Jakarta

Capain Tim Sepakbola NTT ini pun perlu di Apresiasi oleh masyarakat dan pencinta sepak bola NTT, karena untuk lolos ke PON Perjuangan Tim NTT di Pra PON tidaklah mudah.

Seperti diketahui, sebelum dipastikan lolos ke PON XX 2021 di Papua, Tim Sepakbola NTT terlebih dahulu menantang Bali dan NTT di Pra Pon untuk Zona Bali-Nusra.

Namun saat itu, NTT tampil perkasa dengan mempermalukan NTB lewat kemenangan  3-1 dan menahan Imbang Provinsi Bali 1-1, padahal saat itu NTT bermain di Denpasar, Bali (9/12/2019)

Melansir dari Pos-kupang.com, Asisten Pelatih NTT Andik Ardiyansah Mengatakan NTT berada di Grub A yang di kenal juga dengan Grup Neraka, namun dirinya bertekad untuk memberikan yang terbaik untuk Tim NTT.

Menurut Andik, Setelah tidak tampil 30 di PON, Tim sepakbola NTT tidak mau hanya menjadi Tim penghibur. Dia berjanji akan Tampil Fight dan Maksimal.

Tapi kita juga ngak mau cuma asal datang, kita akan berusaha semaksimal mungkin. Jadi kalau melihat siapapun yang lolos untuk saat ini, semua bisa berpeluang untuk lolos, karena pasti semuanya akan Fight, ngak mau kalah,” Ujar Andik

Jadwal Pertandingan Tim NTT Selanjutnya.

Pada pertandingan Ke-2, Tim Sepakbola Putra NTT akan melawan Juara Bertahan Jawa Barat (Jabar). Pertandingan ini terbilang cukup berat buat NTT.

Apalagi, Jabar di kenal memliki materi pemain yang baik dan Skil yang mumpuni. Terlebih lagi baik Jabar maupun NTT sama-sama mengincar kemenangan jika ingin Lolos ke Fase Berikutnya.

Berikut adalah Jadwal Pertandingan Berikutnya untuk Tim Sepakbola NTT

30 September 2021, JABAR VS NTT. bermain di Stadion Mandala, Jayapura, Kick Off pukul 15.30 WIT

3 Oktober 2021, Papua VS NTT, Bermain di Stadion Mandala, Kick Off Pukul 15.30 WIT

Susunan Pemain Tim Sepakbola NTT untuk PON XX 2021 di Papua

Penjaga Gawan;

Afrianus Moi dan Yohanes Seran Kalu

Belakang;

Firman Selan, Evodus Neta, Siprianus Bria Nahak, Gregorius Dua, Crespo Hale, Frengki Eke Misa dan Agustino Nono

Tengah;

Baskara Mandala, Yohanes Sole Ihing, Abio Kago, Adelbertus Kolo, Yohanes Gula dan Herman Ladja

Depan;

Inosensius Nau, Esthen Banoet, Servin, Flabiola Soares dan Andi Riwu

Pelatih;

Jimmi Sianto