Viral, Harga Ters PCR di Labuan Bajo Sampai Rp 2 Juta Perorang, Kapolres Mabar Turun Tangan -->

Viral, Harga Ters PCR di Labuan Bajo Sampai Rp 2 Juta Perorang, Kapolres Mabar Turun Tangan

Patung Bernyawa
Jumat, Agustus 20, 2021

    Harianflobamora.com-Beredar sebuah Struk RT PCR dari salah satu Apotik di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, sampai Rp 2.690.000 perorang, Viral di Media Sosial.

    Tangkapan Layar HP, Struk Harga Tes PCR di Labaun Bajo

    Hal itu kemudian membuat Kapolres AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK.,MSi turun tangan dan memerintahkan Satuan Intelkam Polres Mabar untuk melakukan pengecekan terhadap Apotik.

    Berdasarkan keterangan yang kami terima dari Humas Polres Manggarai Barat (Mabar), Harga RT PCR fantastis terbut berasal dari sebuah Apotik bernama Apotik Bunda yang terletak di Jalan Alo Tanis, Kompleks Bandara Internasional Komodo.

    "Saya langsung perintahkan Tim Satinltelkam Polres Mabar memantau langsung semua harga tarif PCR di semua Faskes (Fasilitas Kesehatan) yang ada di Kabuapten Manggarai Barat," Jelas Kapolres Seperti di kutip tribranewsmanggaraibarat.com, Jumat (20/8/2021)

    Menurut Kapolres, Pihaknya telah mengecek langsung ke Apotik Bunda untuk mendapat penjelasan terkait Harga RT PCR yang tidak sesuai dengan Instruksi Presiden Jokowi Dodo dan surat Edaran Kemenkes tersebut.

    Dia juga menjelaskan, jika Pihak Apotik sudah mengakui bahwa Struk Tersebut di keluarkan oleh Apotik Bunda untuk harga Tes PCR TCM atau Harga Express.

    "Memang betul, bahwa itu merupakan Struk yang di cetak oleh Apotek Bunda, dan memang kami menyediakan layanan pengambilan Sampel PCR yang Sampelnya akan dikirimkan ke laboratorium (Resmi yang di akui Kemenkes) di lulau Jawa dan Bali," Ujar pemilik Apotik Bunda, Dr Paulina Febrianty

    Dr Palina menjelaskan, harga Rp 2.690.000 seperti yang tertera pada Struk yang beredar sebnarnya adalah harga PCR Tes Cepat Molekuler (TCM)

    Tes PCR itu, lanjut Dr Paulina, akan menyampaikan hasil lebih cepat dari PCR biasa yakni 3-5 jam setelah sampel tiba Laboratorium

    Dia menjelaskan, Apotik bekerjasama dengan pemilik laboratorium PCR, Pihaknya hanya mengambil Keuntungan dari dari kerjasama tersebut.

    Tim Satuan Intelkam Polres Mabar Saat melakukan pengecekan di Apotek Bunda

    Berikut adalah Rincian Harga PCR TCM yang di keluarkan Apotek Bunda

    1. Biaya PCR Exprees ( hasil 3-5 Jam) Rp1.500.000

    2. Biaya pengiriman Sampel Media Kategori berbahaya (Dangerous Good-DG) via udara dari labuan bajo ke Bali/Jakarta, Rp670.000

    3. Transportasi Sampel Medis Kategori Berbahaya dari Cargo Domestik Airport ke Laboratorim Rp50.000

    4. Tabung VTM (Tabung pengambilan Sampel Medis PCR) Rp40.000

    5. Pengemasan Khusu ( Sesuai ketentuan KKP dan Maskapai) 

    -Cool Box (Khusus untuk mencegah Kontaminasi Bahan berbahaya) Rp 270.000

    -Sterofoam Khusus (kedap udara) Rp30.000

    -Packingan (10 lapis) terdiri dari Dus, Mika, Plastik, Buble Wrab dan Lakban serta ATK Rp70.000

    -ICE PACK (penjaga suhu) Rp30.000

    6. Harga APD untuk pengambilan Sampel kategori berbahaya Rp50.000

    Untuk diketahui, berdasarkan Hasil perhitungan dari rincian diatas, maka Apotek Bunda mendapatkan keuntungan Rp.1.038. 940 untuk setiap Sampel