Ternyata 64,7 Persen Kasus Penistaan Agama di Indonesia Dilakukan Oleh Muslim, Begini Datanya -->

Ternyata 64,7 Persen Kasus Penistaan Agama di Indonesia Dilakukan Oleh Muslim, Begini Datanya

Patung Bernyawa
Jumat, Agustus 27, 2021

    Harianflobamora.com-Aksi yang pelecehan terhadap Agama yang dilakukan Muhammad Kece dan Yahya Waloni menambah Daftar kasus penistaan Agama di Indonesia.

    Foto By Editor Tempo.co, Kerukunan Agama di Jombang Jawa Timur

    Kasus Pelecehan terhadap Agama ini mungkin masih akan bertambah mengingat tahun 2021 masih menyisahkan 4 Bulan lagi.

    Berdasarkan penelusuran Harian Flobamora, Kasus pelecehan terhadap Agama di Indonesia ternyata terus bertambah dari tahun ke tahun.

    Berdasarkan Data hasil penelusuran Kumparan.com, kasus penodaan Agama paling banyak terjadi pada Tahun 2020, Sebanyak 20 Kasus.

    Data itu terlihat jelas di Situs Direktorat putusan Mahkamah Agung (MA) terhitung sejak 2011 hingga Mei 2021.

    Sebanyak 61 salinan putusan tentang penodaan atau penistaan Agama yang ditemukan dalam daftar Putusan Mahkamah Agung tersebut.

    Berdasarkan Daftar itu, Agama yang paling banyak dilecehkan adalah Agama Islam, Namun anehnya, Pelaku yang paling banyak juga berasal dari Agama Islam sendiri.

    Setidaknya ada 51 kasus Penistaan terhadap Agama Isalam, diikuti 6 Kasus Penistaan terhadap Agama Katolik, Penistaan terhadap Agama Hindu 2 dan 1 Kasus penghinaan terhadap semua Agama.

    Grafik Agama Yang Paling Banyak di Hina di Indonesia (Tangkapan Layar)

    Secara keseluruhan pelaku pelecehan terhadap Agama berasal dari 5 Agama besar di Indonesia dan Mayoritas pelaku berasal dari Agama Islam yaitu 56,7 Persen

    Disusul Pelaku beragam Protestan sebanyak 23,3 Persen dan Katolik 15 Persen. sementara Agama Buddha, Hindu, masing-masing 1,7 persen.

    Dari Data-data diatas bisa kita simpul bahwa Agama yang paling Banyak dinistakan adalah Agama Islam namun pelaku yang paling banyak melakukan penistaan juga dari Agama Islam

    Jika hitung, dari Aspek penistaan yang dilakukan, sekitar 64,7 Persen pelaku yang beragama Islam menistakan Agamanya Sendiri.

    Sementara Sisanya, yakni 45,3 Persen, Penistaan yang dilakukan oleh pemeluk di luar Islam bahkan Eteis 

    Dikutip dari Kuparan.com, Penistaan Agama yang lakukan Berupa penghinaan terhadap Nabi, Allah, Kitab Suci, Hingga Berjoget-joget saat Sholat.

    Grafik Dari Pelaku Berdasarkan Agama Asal (Tangkapan Layar)