Pelajar SMP di Ngada Tewas Tersengat Listrik Saat Memanjat Tangga Jemuran, Jarak Kabel Listrik Jadi Sorotan -->

Pelajar SMP di Ngada Tewas Tersengat Listrik Saat Memanjat Tangga Jemuran, Jarak Kabel Listrik Jadi Sorotan

Patung Bernyawa
Rabu, Agustus 18, 2021

    Harianflobamora.com-Jarak Kabel Listrik dengan sebuah Rumah lantai 2 di Bajawa, Kabupaten Ngada Jadi Sorotan setelah Tewasnya Seorang Pelajar SMP akibat tersengat arus Listrik

    Evakuasi Korban, Foto By Digrara.com (18/8/2021

    Pasalnya, Kabel listrik yang melintas tepat di depan Lantai 2 Rumah itu sangat dekat dari teras atas rumah yang sering digunakan untuk jemuran.

    Diketahui sebelumnya, Seorang pelajar SMP dinyatakan meninggal Dunia akibat tersengat arus listrik dari Kabel Yang melintas tepat di depan Lantai Dua Rumah.

    Kejadian itu terjadi di Rumah Hendrikus Lawa, keurahan Faubata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada atau depan Perempatan SPBU Boubou Soeprapto, Selasa (17/8/2021) Petang.

    Kronologi Kejadian

    Kejadian itu bermula saat Ibu Korban, MW (40) meminta bantuan Korban dan rekannya JR (15) dan RG (15) untuk membersihkan pakian Bekas di lantai 2 rumah milik Hendrikus Lawa.

    Setelah selesai, Korban duduk dan mengobrol dengan teman-temannya sambil bersandar pada tiang jemuran yang berada di depan sebuah kamar di lantai 2 rumah tersebut.

    Samabil asyik ngobrol, Korban tiba-tiba memanjat Tiang Jemuran yang di sandarnya tadi. Kebetulan Tiang Jemuran itu Mirip seperti tangga sehingga bisa dipanjati Korban

    Kondisi Kabel Listrik PLN dan Rumah Terlihat sangat Dekat.

    Di tempat itu, kebetulan ada Kabel Listrik milik PLN yang terpasang melintas di atas jemuran dengan jarak 1 Meter dari Tiang jemuran

    Tanpa disadari, Kepala Korban menyentuk Kabel listrik di atasnya dan seketika terserangat arus dan kebel mengeluarkan percikan api serta ledakan hingga tubuh korban terjatuh ke lantai.

    Melihat Hal itu, dia rekan Korban lainnya melaporkan kejadian ke Ibu korban yang berada di lantai satu rumah tersebut.

    Saat Ibu korban tiba di lantai 2, Korban sudah terbaring Kaku. Pda Rambut Korban terlihat seperti Lepulan asap yang keluar dan pada Lutut Korban juga mengalami Luka Bakar

    Menyaksikan anaknya Kaku dan tak bersuara lagi, Ibu Korban pun berteriak dan meminta tolong kepada Warga sekitar.

    Atas kejadian itu, Warga pun kemudian melaporkannya ke Polres ngada untuk dilakukan Identifikasi dan Olah Tempat Kejadian Perkara.

    "Setelah dilakukan pemerikasaan oleh Unit Identifikasi Polres Nagada. Korban sudah tidak bernafas lagi. Pada Tubuh Korban terdapat luka-luka," Jelas Kasat Reskrim  Polres Nagada, Iptu Ray Artika, SH," Saat di Konfirmasi Rabu Siang (18/8/2021)

    Kasat Reskrim Polres Ngada ini melanjutkan, Saat Polisi datang, Tubuh Korban sudah Kaku

    "Pada bagian kepala dan wajah Korban terdapat Luka Bakar yang menyebabkan sebagian Kulit pada Wajah terkelupas," Lanjut Iptu Ray

    Iptu Ray juga menjelaskan, Hampir seluruh tubuh korban terdapat Luka bakar hingga menyebabkan Kulit terkelupas yakni pada leher, Tubuh, Lutut dan Paha.

    Menurut Kasat Reskrim Yang pernah bertugas di Polres Belu ini, Jarak antara Kabel Listrik dan Tangga Jemuran yang dinaiki Korban hanya berjarak satu meter

    Sehingga, pada saat Korban memanjat dan menyentuh Kabel Listrik, Tangga Jemuran tersebut Ikut tersengat aliran Listrik.