4 Anggota TNI-Polri Tertembak Di Distrik Dekai Papua Oleh KKB, Saat Selamatkan 11 Pekerja Jembatan

Harianflobamora.com-4 Orang Anggota Satgas Nemangkawi yang terdiri dari TNI-Polri Tertembak oleh KKB saat hendak melakukan Evakuasi Pekerja Jembatan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Senin (23/8/2021)

Foto Satgas Nemangkawi saat berhasil menguasai Maskas KKB di Yahukimo, Papua

Beruntung, Tidak ada Korban Jiwa dalam peristiwa tersebut, namun 4 Orang Satgas Nemangkawi mengalami Luka tembak Rekoset dari KKB.

Kasatgas Nemangkawi Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan Ke-4 Petugas yang tertembak, saat ini, sudah menjalani perawatan medis dengan komdisi kesehatan yang terus membaik.

"Satu orang terkena rechoset peluru di leher, 1 terkena tembakan di Helm, 1 rechoset peluru di kaki dan 1 orang terkena Rechoset di tangan kanan," Ujar Kombes Pol Kamal Dalam Keterangan Pers, Selasa (24/8/2021)

kronologi kejadian yang mengakibatkan Ke-4 Anggota Satgas nemangkawi tertembak

Kejadian bermula, saat Satgas Nemangkawi melakukan evakuasi terhadap 11 Karyawan PT Indo Papua, dari lokasi Kali Braza menuju Mapolres Yahukimo, pasca Tewasnya 2 Karyawan PT Indo Papua Sebelumnya, yang juga ditembak KKB.

Saat itu, Personel Satgas Nemangkawi mendatangi Kamp PT Indo Papua menggunakan Mobil Hilux guna mengecek dan membantu Evakuasi barang-barang pekerja.

Ketika Tim Satgas tiba di TKP Jembatan Kali Braza, Rombongan di tembaki dari arah bukit seberang kali Braza, yang diduga dilakukan KKB.

Petugas pun langsung merespon, dengan memberikan tembakan balasan hingga para pelaku KKB, kabur melarikan diri.

Petugas kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kamp PT Indo Papua yang berlokasi di Kali Yegi. Saat berada di pertigaan jalan Trans Papua, Dekai Yahukimo-Tanah Merah, Petugas kembali mendapat tembakan dari KKB.

Bahkan, KKB juga memblokir jalan dengan batang pohon yang mereka tebang dan meletakkannya ke Badan jalan.

Tiba di Kampung Kali Bele, Tim Satgas Nemangkawi langsung melakukan pengecekan di Kamp Kali Yegi, Mencari Karyawan PT Indo Papua dengan membunyikan Sirine agar Karyawan keluar dari persembunyian. Namun, karena Tidak ada satu pun Karyawan PT Indo Papua disana, Tim Satgas memutuskan kembali menuju Kota.

Akan tetapi, saat Satgas Nemangkawi Dalam perjalanan, tidak jauh dari lokasi Kamp Kali Bele, Satgas kembali mendapat tembakan sehingga kontak tembak pun tidak terelakan selama kurang lebih 30 menit antara satgas dan KKB.

Sembari membalas Tembakan KKB, Satgas Nemangkawi terus berupaya untuk bergerak Maju ke arah KKB, namun petugas terhalang pohon-pohon yang ditebang KKB.

Usai kontak tembak, dan KKB kabur menjauh dari Lokasi, Petugas langsung melakukan penyisiran disekitar lokasi.

Dari penyisiran tersebut, Tim Satgas Nemangkawi Menemukan Karyawan PT Indon Papua yang bersembunyi di pinggir Kali Braza.

Melihat itu, Tim Satgas Memangkawi langsung melakukan Tindakan penyelamatan dan mengamankan mereka ke atas kendaraan dan dibawa menuju Mapolres Yahukimo.

Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal Mengatakan pihaknya akan terus memburu pelaku. Kabid Humas Polda Papua ini juga menjelaskan akan menindak tegas kelompok-kelompok yang mengganggu Stabilitas keamanan di Papua.

"Personel Satgas Nemangkawi akan terus memburu pelaku dan menindak tegas terhadap kelompok-kelompok yang mengganggu Stabilitas keamanan di Papua," Lanjut Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.


Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.