Halaman Facebook

PLN Mulai Pembangunan PLTP di Mataloko-NTT, Ditargetkan Akan Beroperasi Mulai 2024

Harianflobamora-PT PLN (Persero) sudah mulai mempersiapkan tahap awal penganungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Mataloko, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada-NTT

PLN Mulai membangun PLTP di Mataloko akan Beroperasi 2024

Pembangkit Tenaga Listrik dengan Kapasitas 20 Mega Watt (MW) ini ditargetkan akan beroperasi secara Komersil pada tahun 2024.

Hal ini disampaikan oleh General Manager Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara Joshua Simanungkalit.

Menurut Joshua Pembangunan Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan itu menelan baiaya hingga sebesar Rp 108 Miliar.

"Pembangunan PLTP Mataloko merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan peran EBT pada Bauran energi Nasional yang ditargetkan mencapai 23 persen pada 2025," Ujar Joshua dalam rilis tertulis seperti dikutip (17/7/2021)

Joshua menjelaskan, Pembangunan PLTP Mataloko merupakan bagian dari pembangunan Infrastruktur ketenagalistrikkan yang termasuk ke dalam program 35.000 MW Pemerintah.

Saat ini, lanjut Joshua, tengah dilakukan tahap konstruksi berupa persiapan pengadaan lahan dan Izin kepada pemerintah Provinsi NTT.

Seluruh proses di tegaskan akan berjalan sesuai ketentuan dan undang-undang yang berlaku. 

Sementara itu, untuk lapangan pengembangan akan dibagi menjadi 6 Area. Yakni 4 Titik Wallpad Area, Laydown Area, Access Road.

"Pembangkit yang dibangun di atas lahan seluas 210,700 meter persegi ini ditargetkan beroperasi komersial Pada 2024," Jelas Joshua

Joshua melanjutkan, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan EBT, PLN juga akan mulai mempersiapkan Pembangunan PLTP Ulumbu dan PLTP Atadei.

Pembangunan kedua PLTP itu sekaligus menjadi bukti upaya PLN untuk mengurangi penggunaan Energi Fosil.

"PLN melihat pengembangan Energi panas bumi yang signifikan harus segera dimulai dan diwujudkan. Dengan demikian kita mampu menciptakan ketahanan Energi melalui Renewable Energy secara berkesinambungan," Lanjut Joshua

Untuk diketahui, Saat ini, Proses pembangunan PLTP Mataloko sudah memperoleh Izin Prinsip, Izin kesesuaian Tata Ruang (RTRW), UKL-UPL Eksplorasi dan Izin LingkunganEfektif dari pemerintah Daerah setempat.