Masuk Kriterian PPKM Level IV, Kota Kupang Akan Lakukan Penyekatan Jalur Keluar Masuk, Mulai Selasa (27/7/2021) -->

Masuk Kriterian PPKM Level IV, Kota Kupang Akan Lakukan Penyekatan Jalur Keluar Masuk, Mulai Selasa (27/7/2021)

Patung Bernyawa
Senin, Juli 26, 2021

    Harianflobamora-Masuknya Kota Kupang sebagai salah satu Daerah yang akan menerapkan PPKM Level IV, Pemkot Bakal Melakukan Penyekatan di Wilayah Keluar Masuk Kota Kupang.

    Dr Hermanus Man (Wakil Wali Kota Kupang)

    Hal itu di Konfirmasi Wakil Wali Kota Kupang Dr Hermanus Man, berdasarkan keputusan pemerintah Pusat, Senin (26/7/2021)

    Wawali mengatakan, Pemkot bersama Forkompinda teah melakukan rapat dan akan di keluarkan Surat Edaran (SE) untuk memperkuat himbauan tersebut.


    "Pada Gerbang-gerbang akan dilakukan penyekatan. Pembatasan orang masuk dan keluar kota Kupang," Jelas Hemanus Man

    Dia melanjutkan, Penyekatan ini akan di lakukan selama berlakunya PPKM Level IV yang telah di putuskan pemerintah Pusat.

    Menurutnya, penyekatan ini perlu dilakukan untuk menekan Mobilitas Warga yang sangat tinggi terutama pada ahir Pekan.

    Herman juga menyampaikan, Penyekatan Jalur Darat dan laut akan di perketat lagi sementara untuk Jalur Udara ketentuannya sudah di atur Kementerian Perhubungan

    "Di Baumata itu nanti dari TNU AU dan Polri, di Bolok TNI AL, dan di pintu lain akan ada TNI AD dan Polri serta lurah-lurah setempat," Lanjut Herman

    Baginya penyekatan ini bukan pelanggaran terhadap Hak Asasi Manusia (HAM), sebab penyekatan yang dilakukan untuk kepentingan Banyak Orang

    Namun demikian, Untuk Mobilitas kebutuhan Bahan Pokok seperti sebako akan diberi kelonggaran namun tetap mentaati Protokol Kesehatan

    Herman Menerangkan Jika pemerintah Kota sudah berkoordinasi mendapat Restu dari Dandim dan Kapolres Kupang Kota untuk menjalan penyekatan.

    Pemkot juga menurut Herman, akan di Bantu oleh Dinas Perhubungan Kota Kupang dan Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP)

    Selain itu, Pemkot juga akan memberlakukan Jam Malam dengan menyudahi kegiatan Masyarakat diatas Jam 21.00 termasuk Kafe dan Warung makan yang tidak menerapkan Sistem Take Away atau Pesan Online dalam pelayanannya kepada pengunjung.

    Sementara Bagi penjual Makanan di Pinggir Jalan seperti Jualan Gorengan dan sejenisnya, Pemkot tetap akan mengakomodir dengan ketentuan Prokes.

    "Bagaimanapun Ekonomi mereka jangan sampai terganggu karena itu akan mempengaruhi," Tutup Wali Kota Dua Periode ini.

    Pemberlakukan Penyekatan rencananya akan mulai berlaku pada 27 Juli 2021 hingga 2 Agustus 2021 sesui dengan Surat informasi yang di sampaikan Presiden Joko Widodo.

    Berita Ini telah terbit di Harian Pos Kupang dengan Judul "Pemkot Kupang Bakal Lakukan Penyekatan di Pintu Keluar Masuk"