KPU Sumba Barat Publikasikan Data Hasil Pemutakhiran Internal Pemilih Berkelanjutan Juli 2021

Ketua dan Anggota KPU Sumba Barat Menandatangani Hasil Rekapitulasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan bulan Juli 2021

Waikabubak|KPU Kabupaten Sumba Barat terus melakukan langkah-langkah perbaikan kualitas Pemilu 2024, salah satunya adalah pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, tahapan yang digelar pada hari Senin 27 Juli 2021  ini diikuti kalangan intenal Kominsioner KPU Sumba Barat.

Rapat internal ini membahas  Daftar Pemilih Berkelanjutan Bulan Juli Tahun 2021    setelah bulan Juni lalu melakukan Koordinasi tingkat Sumba Barat bersama stakeholder, rapat tersebut diselenggarakan di Aula KPU Sumba Barat.

Rapat pemutakhiran internal ini diselenggarakan  berdasarkan ketentuan Surat Edaran (SE) Ketua KPU RI Nomor : 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 Tanggal 04 Februari 2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021. Tujuan diselenggarakan rapat ini adalah untuk memperbaharui data pemilih guna memudahkan proses pemutakhiran daftar pemilih pada pemilu/pemilihan selanjutnya.

Rapat internal dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Sumba Barat, Sri Demu Alemina Br. Bangun, SE. , hadir dalam rapat tersebut Anggota KPU Kabupaten Sumba Barat Ni Wayan Prawita Aryani, M.Pd selaku Kordiv Data dan Informasi, Teguh Raharjo, Alexander Talo Popo, S.Kom, MM., Yohanes Namu.

Berdasarkan data pemilih berkelanjutan yang disampaikan melaui pernyataan media,  Sri Demu Alemina Br. Bangun, SE. menyebutkan bahwa data pemilih berkelanjutan di Kabupaten Sumba Barat per bulan Juli 2021 sebanyak 83.519 pemilih dengan rincian, pemilih laki-laki berjumlah 42.187 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 41.332 pemilih yang tersebar di 6 (enam) kecamatan di Kabupaten Sumba Barat.

Hasil pemtakhiran bulan ini menunjukkan,  data pemilih berkelanjutan  oleh KPU pada bulan Juli tahun 2021 mengalami kenaikan dibanding bulan Juni lalu lalu.  Sebagai pelengkap informasi,   rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan pada triwulan II tahun 2021  yang dipublisakan bulan Juni lalu sebanyak 83.439, dengan demikian, rapat pemutakhiran internal bulan ini menetapkan angka pertambahan pemilih berjelanjutan sejumlah 120 pemilih. 

Ketua KPU Sumba Barat menjelaskan, dalam proses pemutakhiran data berkelanjutan, KPU Sumba Barat meminta masukan kepada masyarakat, dalam memberi masukan dan tanggapan,  masyarakat bisa mendatangi langsung kantor KPU Sumba Barat atau melalui  WA dengan nomor 081237206946.

Lebih lanjut Ketua KPU menjelaskan, masukan masyarakat sangat penting bagi produk data pemilih yang berkualitas, harapannya, tidak ada daftar pemilih ganda dan pemilih yang telah meninggal dunia dan pemilih baru tidak terakomodir dalam DPT.  Oleh karenanya, upaya perbaikan dan pemutakhiran data pemilih secara berkelanjutan  menjadi agenda sangat penting bagi KPU guna meminimalisir konflik data pemiluh pada pemilu 2024.

Selain publikasi di media,  KPU Sumba Barat juga mengirim salinan keputusan rekapitulasi internal Data Pemilih Berkrlanjutan bulan Juli 2021 kepada para pimpinan partai politik melalui share ke group WA. 

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.