TNI-Polri Temukan Buku Catatan Sumbangan Pemda Puncak Papua Untuk KKB Sebanyak Rp 600 Juta -->

TNI-Polri Temukan Buku Catatan Sumbangan Pemda Puncak Papua Untuk KKB Sebanyak Rp 600 Juta

Patung Bernyawa
Rabu, Juni 16, 2021

    Satgas Nemangkawi yang terdiri dari TNI-Polri berhasil menemukan Buku Catatan sumbangan yang di berikan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Puncak jaya, Papua.

    Barang Bukti yang di sita dari Neson Murib Alias Ratinus Murib (dok. Satgas Nemangkawi)

    Temuan itu berawal dari disitanya sejumlah barang bukti dari terduga pemasok senjata ke Terosis KKB di Papua, Senin (14/6/2021)

    Tak tanggung-tanggung, dalam Buku catatan itu tertulis jumlah Sumbangan Pemda Puncak sebesar Rp 600 juta untuk Pimpinan KKB Lekagak Telenggeng

    Dalam buku itu juga menulis dengan jelas bahwa sumbangan telah di berikan kepada KKB pada 6 Februari 2021 lalu.

    Namun, temuan itu masih belum bisa di konfirmasi dengan lebih rinci oleh Kasatgas Humas Nemangkawi karena masih perlu melakukan pendalaman.

    "Masih di lakukan pendalaman terkait bukti transaksi yang di temukan, termasuk benar atau tidaknya aliran Dana (Dari Pemda Puncak) ke Lekagak Telenggeng" Ujar Iqbal AlQudussy, saat di konfirmasi, seperti melansir dari Detik.com pada (15/6/2021)

    Seperti di beritakan, Ratius Murib alias Neson Mirib di tanggkap oleh personel Sub Satgas penyidik Unit II satgas penegak hukum Operasi Nemangkawin di Puncak Jaya, Papua, Senin (14/6/2021)

    Saat di lakukan penangkapan, Ratinus Mutib juga kedapatan membawa Uang Sebesar Rp 370 Juta dalam bentuk pecahan  Rp 100 Ribu.

    Selain membawa uang ratusan juta dan buku catatan bantuan uang dari Pemda Puncak, Satgas Nemangkawi juga menyita buku catatan lain seperti penolakan Otonomi Khusus (Otsus) dan daftar aksi penembakan di kabupaten Puncak.

    Selain itu, Ops Nemangkawi juga mengamankan Buku rincian pengeluaran dan pemasukan dana bantuan dari Simpatisan TPNPB.

    Tak hanya itu, Aparat juga menemukan Buku Tabungan  atas nama Ratinus Murib dan beberapa telpon genggam bersama struk bukti transfer ke pihak-pihak yang di duga jaringan penjual Senpi.

    Iqbal bahkan menjelaskan, jumlah transaksi proses jual beli senjata teroris KKB sudah mencapai angka Rp1,3 Miliar lebih.

    "Total yang di kirim dan di terima Rp 1.393.100.000," lanjut Iqbal dalam sebuah keterangan tertulis hari ini (15/62021).

    Saat ini, menurut Iqbal, Ratinus Murib masih terus di periksa Ops Nemangkawi, Iqbal juga menjelaskan Pihaknya masih mendalami sumber dana dan aktifitas Murib selama bertransaksi Senpi.

    "Tim masih akan terus menggali informasi sumber dana serta aktivitas pengirim uang untuk membeli senjata dan amunusi dari terduga Neson Murib (Ratinus Murib)," Tutup Iqbal