Hama Belalang Serang Lai Lanjang, Sumba Timur, Taman Warga Habis di Makan -->

Hama Belalang Serang Lai Lanjang, Sumba Timur, Taman Warga Habis di Makan

Patung Bernyawa
Senin, Juni 07, 2021

    Sudah sejak bulan April, Tanaman warga yang ada di Desa Lai Lanjang, Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur terserang Hama belalang.


    Bocah-bocah di Lai Lanjang, Sumba Timur, sedang menyapu belalang di pekarangan rumah mereka

    Tanama warga yang menjadi sasaran serangan  Belalang kembara ini adalah sayuran dan kacang-kacangan.


    Belang-belang ini memenuhi bedengan sayur sawi dan kancang panjang serta memakannya dedaunnan sayur hingga membentuk lubang tak beraturan.


    Belalang juga terlihat di sekitaran halaman rumah dinding-dinding rumah warga, hingga memenuhi badan jalan.


    Bau khas bangkai belalangpun tercium sangat menyengat kerena di gilas Ban kendaran yang melintas sepanjang jalan menuju Lai Lanjang.


    Salah seorang warga yang kebunnya terserang Hama Belalang Kenyali Ay menuturkan, belalang masuk desa sebenarnya sudah sejak bulan april 2021.


    Ay menjelaskan, ia sudah kewalahan mengatasi serangan belalang itu, bahkan ia samai menyemprotkan racun pestisida ke sayuran agar daunnya tidak di makan belang.


    "Saya semprot Obat di daun kacang dan sayur sehingga belalang tidak makan daunnya. Kalau tidak buat seperti itu, maka sayuran yang ada ini habis di makan belalang," Ujar Kenyali Ay


    Daun Sayuran terlihat berlubang di makan belalang. (Foto By. Pos Kupang, Oby Lawanmeru)


    Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus MB Muku, S.P, M.Si menerangkan, Pihaknya hingga kini masih terus berupaya melakukan pemgendalian terhadap Seranga Belalang tersebut.


    "Kami terus lakukan pengendalian di semua wilayah terserang," Ungkap Oktavianus, seperti melansir dari Poskupang.com, Senin (7/6/2021)


    Dsisi lain Koordinator TIM Brigade Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Jusuf Uli menjelaskan, Sistem pengendalian di lakukan dengan pembentukan dan Pembagian TIM


    "Untuk kecamatan Rindi, kami juga Stand By dan lakukan penyemprotan," Ungkap Jusuf Uli