Halaman Facebook

Bukannya Berperang Lawan KKB, Seorang Anggota Brimob Malah Kabur dan di Temukan di Bandara Mimika

Setiap Anggota TNI dan Polri yang di kirim ke Papua untuk mengatasi pemeberontakan Teroris KKB tentu adalah anggota khusus dan terlatih.


Ilustrasi Anggota Brimob

Mereka adalah prajurit terbaik yang di pilih karena di anggap layak dan mampu mengatasi Teroris pemberontak NKRI di Papua.


Demikian juga yang terjadi dalam Satuan Brigade Mobil (Brimob, mereka harus Siap di tugaskan dimanapun, Kapanpun dana dalam Kondisi apapun.


Namun apa jadinya jika dalam Satuan Pasukan terbaik ini, ada salah satu anggota tidak memiliki nyali bertempur dan memilih kabur.


Mungkinkah akan di sebut pengecut atau pecundang oleh teman-temannya setelah dia terbukti diam-diam meninggal satuan?


Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (HUMAS) Polda Sumatera Barat (SUMBAR) Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto membenarkan adanya anggota Polda SUMBAR yang di perbantukan di Papua


"Benar, dia anggota Polda Sumbar yang di perbantukan ke Papua" Ujar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto melalui pesan singakat WA, pada (5/6/2021)


Stefanus memberikan Konfirmasi terkait adanya anggota Brimob Polda Sumbar berinisial AY yang kabur dari satuan tugas (Satgas) Amole.


Menurut keterangan, Pasca menghilang Brigadir AY di kabarkan langsung menuju Bandara Lama Mozes Kilangin, Timika, Jumat (4/6/2021)


Brigadir AY kemudian di temukan dan di amankan di Bandara, saat sedang melakukan Ceck In dengan kode penerbangan menuju Makassar


Stefanus menerangkan Oknum angota Brimob tersebut sudah di Amanakan di Polres Mimika guna pemeriksaan lebih lanjut.


Sementara itu, berdasarkan keterangan dari AY sendiri, Dia memiliki masalah keluarga yang membuatnya segera kembali secepat mungkin.


"Dari informasinya, dia ada masalah keluarga. Namun, tetap saja kalau mau meninggalkan tugas harus Ada ijin dari Komdannya, kita sedang menunggu hasil pemeriksaan di polres Mimika," Lanjut Kombes Pol Stefanus


Brigadir AY sendiri, saat berada di Papua, dia di bertugaskan Base Camp Mile 39 Objek Vital PT. Freeport Papua


Mungkin menurut Brigadir AY, Meminta Ijin kepada Komandan adalah Hal yang tidak mingkin di lalukan karena dia sudah tahu jawaban yang akan dia terima.


Tapi pergi tanpa Ijin dari Komandan Tugas merupakan pelanggaran sumpah prajurit bahkan bisa di kenakan sangsi berat seperti pemecatan.