Satgas Covid19 Sumba Timur Karantina 19 Penumpang KM Egon -->

Satgas Covid19 Sumba Timur Karantina 19 Penumpang KM Egon

Selasa, Juni 29, 2021

     

    Petugas Bersiap Menuju Kapal Egon yang Berlabuh di Radius 800 Meter dari Pelabuhan


    Waingapu|Kapal Penumpang KM EGON yang  ABK nya terdeteksi positif Covid-19, akhirnya bersandar  di Pelabuhan Waingapu usai Traccing oleh tim Medis yang berada dalam kepengawasan Kantor Kesehatan Pelabuhan III Waingapu. 

    Informan Harian Flobamora.online menginformasikan bahwa,  kapal egon baru bersandar setelah 10 jam tertahan di radius 800 meter dari pelabuhan. Kapal yang memuat penumpang, logistik dan kendaraan ini, rencana akan bersandar  pada hari Senin tanggal 28 Juni 2021 pukul 05.30 wita, akan tetapi, keberadaan 8 orang ABK yang terkonfirmasi  positif Covid19, menyebabkan otoritas  Pelabuhan Nusantara Waingapu Kelurahan Hambala Kecamatan Kota Kabupaten Sumba Timur tidak mengizinkan bersandar.

    Akibatnya, petugas medis harus mendatangi kapal egon yang berlabuh agak jauh dari pelabuhan itu pada Pukul 06.00 wita, kemudian Tim Medis melaksankan pemeriksaan kesehatan, screening dan  tes cepat antigen terhadap seluruh penumpang dan ABK kapal.

    Usai peneriksaan kesehatan, akhirnya  Pukul 15.50 wita KM Egon Bersandar di pelabuhan Nusantara. Kemudian pada pukul 16.00 wita seluruh penumpang turun dari kapal.

    Pada pukul 16.30, satgas Covid19 dari Dinas Kesehatan Sumba Timur, menjemput  penumpang yang terkonfirmasi positif  Covid19 berdasarkan Swab Tes Antigen, petugas membawa mereka ke hotel cendana menggunakan Ambulance untuk karantina.

    Pihak pelabuhan melaporkan,  penumpang yang turun sejumlah 242 orang dan 53 unit kendaraan.

    Selanjutnya, para penumpang berkewajiban mengisi data pribadi dan Kesehatan lengkap pada kartu Kesehatan ( kartu kuning). Selain itu, penumpang wajib membawa hasil rapid tes antigen dan Wajib memakai Masker selama dalam perjalanan hingga tiba di tempat tujuan serta harus memiliki tiket sesuai klasifikasi muatan.

    Hasil pemeriksaan Swab Tes Antigen Kesehatan  oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) selama kapal berlabuh menunjukkan, 8 orang ABK positif sesuai hasil swab tes antigen di Lembar NTB , kemudian petugas medis mengambil  Sampel 51 orang ABK KM Egon untuk  kepentingan Tes PCR di RSUD Umbu Rara Meha Waingapu.

    Dari hasil pemeriksaan KKP terhadap 242 penumpang, terdapat 19 orang  positif antigen dengan rincian  13 orang berasal dari  Sumba Timur, 3 orang dari Sumba Barat dan 3 orang dari Sumba Barat Daya.

    Petugas Dinas Kesehatan Sumba Timur, membawa 19 orang penumpang yang positif berdasarkan  swab tes antigen  ke Hotel Cendana,  mereka akan menjalani karantina di hotel yang terletak di  Kelurahan  Kambajawa Kecamatan Kota Waingapu itu.