TNI Menjamin Orang Jawa dan Warga Lainnya di Papua di Pastikan Aman, Jangan Takut

Ancaman yang di sampaikan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua untuk memusnahkan TNI, Orang-orang Jawa dan Warga Indonesia Luar Papua di Respon oleh TNI-Polri.

Kadiv Humas Porli dan KKB 

Ancaman itu di sampaikan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM Amanatus Akuoboo Douw paska di tetapkannya KKB sebagai Kelompok Teroris (2/5/2021)

Menanggapi Hal itu, Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono menghimbau kepada masyarakat agar tidak perlu Kwatir dengan Ancaman tersebut.

Dia memastikan Aparat gabungan TNI-Polri di papua akan memastikan keamanan Warga Sipil dari serangan Saparatis yang sudah di labeli teroris.

"Masyarakat di Papua tidak perlu kwatir dengan keberadaan KKB. TNI-Polri akan menjaga dan mengawal warganya dalam bingkai NKRI di tanah Papua" Ujar Argo, Senin (3/5/2021)

Namun disisi lain, tantangan berat akan di hadapi TNI-Polri jika ancaman KKB tersebut bukan hanya untuk menakut-nakuti pemerintah atau hanya untuk membuat rakyat indonesia marah.

Sementara itu, Jika Densus 88 yang akan turun untuk menangkap KKB, apakah mereka sudah terlatih Naik Turun Gunung?

Kekuatan KKB Yang Sulit di Tembus Densus 88 Jika di Tugaskan Ke Papua

Densus 88 Anti Teror Polri
Setalah resmi di tetapkan menjadi Teroris, pertanyaan kemudian yang muncul di masyarakat adalah apakah Densus 88 Anti Teror akan turun ke Papua?


Kekuatan terbesar KKB di Papua yang membuatnya sulit di tangkap adalah kondisi Alam dan Cuaca

Medan penggunungan dan hutan yang sangat luas menyulitkan langkah TNI-Polri untuk memburuh kelompok Saparatis ini.
Medan Sulit dan Luas

Namun selain tantangan itu pertanyaan tidak kalah penting juga di tujukan untuk pemerintah, bahwa siapa yang akan memburu KKB?

Jika Densus 88, Apakah Mereka mampu Naik turun gunung sampai berhari-hari atau apakah mereka sudah terlatih perang Gerilya?
Pengamat Tetoris dari Community Of Idiological Islamic Analyst Harits Abu Ulya menyampaiakan, kekuatan yang di miliki Tororis OPM atau KKB Papua itu merupakan medan perang yang sulit di tembus Polri, terutama Densus 88

"Saya duga tidak semudah membalikkan tangan untuk menumpas kelompok ini. Polri terutama Densus 88 sebagai Ujung Tombak terdepan untuk melakukan penindakan" ujar Harits (di kutip dari jawa Post Grub) (1/5/2021)

Menurut Harits, OPM lebih menguasai pegunungan atau tempat persembunyian di papua lebih dari aparat, hal ini menjadi tantangan terbesar Densus 88 yakni kekurangan Informasi Medan.

"Medan yang cukup berat, apa Densus 88 terlatih untuk naik turun gunung. Apakah bisa hadapi taktik perang Gerilya di Pegunugan? Tanya Harits

Teroris OPM sudah menahun dan mereka berbaur dengan Masyarakat juga. Jika tidak hati-hati aksesnya teroris OPM bisa mengobarkan perlawanan melawan aparat dengan dukungan luas masyarakat" Harits

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.