BIN, Dalam Waktu 3 Hari Sudah ada 22 Anggota KKB Tewas Tertembak Sejak 21-24 Mei 2021, Tidak Banyak di Beritakan Media

Tidak banyak di beritakan, ternyata konflik di papua lebih kejam dari apa yang terdengar oleh telinga masyarakat indonesia samapai saat ini.

Letjen TNI. Purn Teddy Lhaksmana Widya Kusuma

Bagaimana tidak, temuan terbaru Badan Intelijen Negara (BIN) mencatan, ada 60 aksi teror yang di lakukan kelompok teroris di papua sejak 21 Mei 2021 hingga 24 Mei 2021

Kasus itu terdiri dari 13 insiden penembakan, 34 kontak tembak dan 13 kali insiden gangguan keamanan lainnya.

Wakil Kepala kepala BIN, Letjen TNI purn Teddy Lhaksmana Widya Kusuma menjelaskan, selama 3 hari yakni 21-24 Mei 2021, sudah ada 22 anggota KKB ditembak mati oleh pasukan keamanan.

Berdasarkan keterangan Teddy, Hal itu di lakukan KKB untuk mendapatkan perhatian Dunia internasional dengan memanfaatkan Pelaksanaan PON ke 20 tahun 2021 untuk menciptakan Instabilitas.

"KKB juga bermaksud menggagal PON untuk mencinptakan Instabilitas untuk menarik perhatian Dunia," terang Teddy Saat Rapat dengan Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Otonomi Khusus papua di gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (27/5/2021)

Muka KKB di Coret

Hingga saat ini jelas Teddy, Aksi Teror KKB masih terus meningkat terutama di Kabupaten Puncak, dia menjelaskan di tempat itu KKB beraksi dengan senjata Aktif.

"Khusus di kabupaten puncak, KKB melakukan Aksi teror dengan senjata Aktif," Kata Teddy melansir dari Tribunews.com 

Selain di kabupaten puncak, KKB juga di ketahui tersebar di kabupaten Intan Jaya, Lani Jaya, Mimika, Kabupaten Nduga, Paniai, Puncak Jaya, dan Kabupaten Pegunungan Bintang

"Saat ini, yang aktif di kabupaten puncak dan Intan Jaya adalah Kelompok Tabuni, Kelompok Lelagak dan Militer Murib," Ungkap Teddy

Teddy mengatakan, BIN terus memberikan dukungan kepada Satgas TNI-Polri untuk terus mengejar dan menumpas KKB.

Teddy menerangkan, sejak 21 hingga 25 Mei 2021, sebanyak 8 aparat keamanan Gugur dan 14 lainnya Luka.

Dari Kelompok Warga Sipil Nonkombatan ada 5 meninggal Dunia dan 9 orang Terluka pada rentan waktu tersebut

Sementara dari kelompok Teroris KKB, suda ada 22 orang yang tewas di tembak TNI-Polri dan 1 orang di ketahui terluka

Rapat Panitia Khusus Rancangan Undang-undang Otonomi Khusus papua

Oleh karena itu, BIN merekomendasikan agar Revisi Otsus Papua segera Rampung sebelum pelaksaan PON XX, Sehingga Pihak keamanan bisa menumpas Habis KKB Papua sampe ke akar-akarnya.

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.