Polres Manggarai Barat Amankan Sholat Idul Fitri 1442 H dan Ibadah Kenaikan Isa Al-Masih

Labuan Bajo,

Tribratanewsmanggaraibarat.com,- Polres Manggarai Barat, Polda NTT – Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang jatuh pada hari ini, bertepatan dengan peringatan Kenaikan Isa Al-Masih.

Pengamanan Lebaran Idil Fitri dan Misa kenaikan Isa Al-Masih, Labuan Bajo, Manggarai Barat-NTT

Penetapan hari Lebaran itu sendiri diputuskan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal Syawal 1442 H.

Sementara itu, peringatan Kenaikan Isa Al-Masih merupakan salah satu hari besar bagi umat Nasrani. Kenaikan Isa Al-Masih biasanya diperingati pada hari ke-40 setelah perayaan Paskah.

Momen hari Lebaran dan peringatan Kenaikan Isa Al-Masih ini terbilang langka. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian serupa tercatat pernah terjadi pada tahun 1727 silam dan baru akan terulang lagi pada tahun 2248 atau 200 tahun mendatang.

Berkaitan dengan dua hari raya besar agama ini, jajaran Kepolisan Resor Manggarai Barat bersama personel Brimob Kompi 4 Yon B Pelopor Labuan Bajo dan TNI serta instansi terkait, terjunkan ribuan personel untuk pengamanan sholat Idul Fitri 1442 H dan perayaan Kenaikkan Isa Al-Masih, yang jatuh pada hari yang sama. Kamis (13/05/2021) Pagi.

Personel gabungan tersebut diterjunkan guna mengantisipasi dan mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di sejumlah tempat ibadah di Kabupaten Manggarai Barat.

Kapolres Manggarai Barat, Sedang memakaikan Masker kepada Jamaah Sholat Id

Kapolres Manggarai Barat, AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa ribuan personel Polri, TNI, dan instansi terkait telah disiapkan untuk melakukan pengamanan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan perayaan Kenaikkan Isa Al-Masih atau Kenaikan Yesus Kristus di Kabupaten Manggarai Barat.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah masing–masing yang jatuh pada hari yang bersamaan.

"Pada hari ini umat Muslim menjalankan sholat Idul Fitri 1442 H sedangkan umat Nasrani menjalan ibadah di Gereja memperingati Kenaikkan Isa Al-Masih. Kita berikan rasa aman dan nyaman bagi saudara–saudara kita yang menjalankan ibadah," kata Kapolres Mabar.

Alumni Akpol angkatan 2000 ini juga menjelaskan bahwa personel gabungan baik dari Polri, TNI, dan instansi terkait ditempatkan di setiap titik tempat ibadah, baik Masjid maupun Gereja. Selain melakukan pengamanan di lokasi tempat ibadah, pihaknya juga menerjunkan unit patroli Satuan Samapta, Satuan Lalu Lintas dan Satuan Brimob untuk melakukan patroli demi mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di jalanan dan lingkungan masyarakat.

Aparat Gabungan TNI-Polri Bersienrgi dalam pengamanan Idil Fitri dan Misa Kenaikan Isa Al-masih 2021

"Kami terjunkan juga personel untuk berpatroli guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas di lingkungan masyarakat," kata AKBP Bambang Hari Wibowo, S.I.K., M.Si.

Tidak Lupa perwira dengan dua bunga dipundaknya ini juga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H untuk umat Muslim dan Selamat memperingati Kenaikkan Isa Al-Masih bagi umat Nasrani.

Menurutnya, peringatan ini menjadi momen penting untuk terus merajut kebersamaan, rukun dan saling menghargai dalam perbedaan, serta menjadi momentum untuk merajut kebersamaan.

"Mari kita jaga toleransi ini dengan baik, rukun, dan damai." Ucapnya.

Selain itu, anggota Polres Manggarai Barat juga tak hentinya mengingatkan masyarakat dan pengurus tempat ibadah untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan dengan ketat.

"Tetap kita imbau agar dalam pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri dan ibadah dalam peringatan Kenaikan Isa Al-Masih, mengikuti aturan dan anjuran dari pemerintah untuk menerapkan Protokol Kesehaan dengan ketat. Semoga pandemi Covid-19 segera berlalu, Amin." Imbaunya. *[RS]*

Penulis: Tribrata News, Humas Polres Manggarai Barat

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.