Optimalisasi Wisata NTT untuk Kesejahteraan dan Keadilan Sosial -->

Optimalisasi Wisata NTT untuk Kesejahteraan dan Keadilan Sosial

Senin, Mei 31, 2021

    Masyarakat dunia mengenal NTT dengan keindahan alam dan kebudayaan megalitiknya, namun demikian, dunia juga mengenal ntt sebagai daerah miskin. Dalam menyikapi ketertinggalan itu, NTT menjadikan wisata sebagai salah satu pendongkrak roda ekonominya, kawasan wisata elit berkelas dunia mulai bermunculan, bahkan eco-hotel terbaik dunia ada di NTT, namun demikian, keberadaan wisata itu masih terkelola oleh pemodal besar sebagai subjek, sementara masyarakat lokal belum bisa berperan signifikan dengan pendapatan signifikan pula, sehingga wisata yang berada di NTT masih belum bisa menjadi ladang  kesejahteraan umum rakyat NTT. 

    Bertolak pada realitas tersebut, pemerintah provinsi NTT hendaknya juga mengembangkan wisata kampung yang terkelola secara integral oleh masyarakat setempat.

    Pengelolaan wisata secara integral bermaksud untuk menggerakkan seluruh potensi sumberdaya alam, manusia, berikut sosial ekonomi dan budaya  serta pendidikan pada satu lanskap kebijakan pengelolaan pariwisata yang memosisikan masyarakat setempat sebagai pelaku utama, sumber daya alam, sosekbud sebagai komoditas dan pendidikan sebagai alat pengelolaan.

    Strategi ini secara sederhana bisa tergambar dalam model wisata alam/lingkungan, budaya dan pendidikan yang terkelola dalam ekologi kampung adat NTT. 

    Salah satu contoh kongkrit pengelolaa wisata kampung berbasis masyarakat adalah Kampoeng Tembi Yogyakarta dan Wisata  kebangsaan di Desa Wonorejo Kec.Banyuputih Situbondo.

    Model pengeloaan seperti di dua lokasi tersebut menuntut masyarakat untuk menyediakan home stay, menu makan-minun, hiburan budaya, kehidupan keseharian masyarakat adat berikut keindahan alam yang termuat dalam paket wisata kampung.

    Dengan demikian, lingkaran ekonomi akan lebih besar beredar dalam masyarakat, dengan demikuan, masyarakat setempatlah yang akan menikmati kemakmuran.

    Pulau Salura Sumba Timur NTT