Mengejutkan, Remaja 15 Tahun Buat Petasan Dengan Daya Getar 500 Meter -->

Mengejutkan, Remaja 15 Tahun Buat Petasan Dengan Daya Getar 500 Meter

Patung Bernyawa
Kamis, Mei 06, 2021

    Ini benaran Petasan? Pertanyaan itu di lontarkan Warganet saat melihat ukuran petasan yang dibuat oleh seorang remaja yang masih Belia di semarang.

    Petasan Jumbo di amankan Polisi di Semarang

    Polisi menangkap M, Remaja 15 tahun pembuat petasan berukuran jumbo pada Minggu 2 Mei 2021 saat melaksanakan Patroli malam.

    M kedapatan membuat dan menjual petasan mulai dari berukuran sedang hingga Jumbo, di Jalan Perum Griya Borobudur, Kecamatan Tambalang, Kota Semarang Jawa Tengah.

    Kapolsek Tambalang Kompol R Arsadi mengatakan, berawal saat anggotanya melakukan patroli rutin, kemudian menemukan anak-anak bermain perasan.

    Setelah di telusuri asal petasan tersebut, polisi menemukan petasan di jual oleh seorang remaja berinisial M.

    "Hari minggu, 2 mei jam 2.30 dini hari. Reskrim melaksankan Patroli dan amankan petasan sebanyak 40 buah di Jalan Perum Griya Borobudur, meteseh, Tambalang" kata Arsadi, Senin (3/5/2021)

    Kemudian M di bawah untuk di mintai keterangan, selanjutnya polisi mendapatkan bahwa pelaku menjual petasannya secara Online yang di buat sesuai permintaan pembelinya.

    Harga petasan pun berfariasi, Mulai dari 20 ribu hingga 100 ribu dengan akuran petasan terbesar yang berhasil di buat berdiameter 25 cm.

    "Jadi ada yang 20 ribu dan yang lain tergantung isinya, yang besar ini masih pesanan, harganya Rp. 100 ribu. Jumbo ini." Ujar Kapolsek Arsadi

    Menurut pengakuannya, M membeli bahan campuran untuk meracik petasan secara online, ia membuatkan petasan sesui pesanan pembeli dan di beli dengan sitem pembayaran COD

    "Beli serbuknya juga online, 1 kg harganya Rp.130 ribu" terang Arsadi melansir dari detik.com

    Terkait daya ledak perasan berukuran jumbo tersebut, Arsadi mengatakan, di perkirakan bisa menyebabkan Geraran sejauh 500 meter dari pusat ledakan

    "Sasarannya itu di lapangan, yang paling besar ini menurut yang buat, bisa sampai 500 meter getarannya" Tutur Arsadi

    Saat ini, Remaja di bawah umur itu masih didalami terkait kegiatan pembuatan petasan jumbo tersebut. Pasal yang bisa di kenakan kepada pelaku menurut Kapolsek Arsadi adalah UU Darurat no 12 tahun 2001.

    "Ancaman hukumannya bisa 20 tahun penjara, dia masih di bawah umur" lanjut Arsadi