1 Anggota KKB Kembali Tewas di Tembak TNI-Polri, Hari Ini (21/5/2021)

1 Anggota KKB Pimpinan Lekagak Talenggen di kabarkan tewas usai kontak tembak dengan pasukan Gabungan TNI-Polri di kampung Makki, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak Papua Hari ini (21/5/2021)
Pemburuan Anggota KKB
oleh TNI-Polri pada Jumat (21/5/2021)

Anggota KKB yang menyebut dirinya sebagai Tentara Nasional Pembebasan Papuan Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang tewas tersebut adalah anak buah Lekagak Talenggen

Kepala Penerangan Kogapwilham III Kol CZI IGN Suariastawa membenarkan adanya kontak tembak tembak tersebut.

"Ya benar, menurut laporan di lapangan ada baku tembak. Saat ini anggota masih melakukan penyisiran di lapangan.

Untuk Info lebih lanjut, akan di sampaikan kemudian" ujar Suariastawa melansir Sindonews pada, Jumat (21/5/2021)

Sementara itu, Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Humas Operasi Nemangkawi, Kombespol M Iqbal Alqudusy dalam keteranga tertulisnya pada Kompas, Membenarkan Hal tersebut.

Namun dia belum bisa memberikan informasi lebih lanjut terkait Identitas Anggota Teroris yang tewas karena masih melakukan penyisiran lokasi.

"Kontak Tembak TNI-Polri dengan kelompok Teroris Lekagak Talenggen di kampung Makki, pada hari jumat 21 mei 2021, jam 12.30 WIT, 1 Teroris (KKB) tewas" Jelas Iqbal

Identitas KKB Yang Tertembak

Identitas Kelompok Teroris Papua Yang di Tembak Pasukan Satgas Nemangkawi dari TNI-Polri di ketahui Bernama Welenggen Tabuni.

Kasatgas M Iqbal menjelaskan, saat ini Pasukan sudah berhasil mengusai Ilaga dan keadaan pasukan semuanya selamat

"Satu orang KKB meninggal dunia atas nama Welenggen Tabun" Jekas M Iqbal pada MNC Portal Indonesia, Jumat (20/5/2021)

Iqbal melanjutkan, 1 orang KKB berhasil kabur saat kontak tembak terjadi antara TNI-Polri dan KKB "personel dan Materil dalam keadaan aman dan lengkap, 1 orang KKB melarikan diri ke arah muara" Lanjut Iqbal

Adapun barang bukti yang di amankan dari peristiwa itu, kata Iqbal, 1 Jasad KKB, 1 Bendera Bintang Kejora, 4 butir Amunisi 5,56 mm, 1 parang, 1 busur panah, 1 kalung pluit, 1 buah KTP atas nama Welenggen Tabuni dan beberapa dokumen.

Sebelumnya di kabarkan, Pasukan Gabungan TNI Yang terdiri dari beberapa pasukan Khusus bersama Polri, menyerbu Markas besar KKB, Lekagak Telenggen.

Peryerbuan prajurit yang marah karena 2 temannya Gugur pada selasa (18/5/2021) kemarin tersebut, terjadi di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupten Puncak Papua pada (20/5/2021)

Hanya saja, saat TNI memasuki Markas, anggota KKB sudah kabur meninggalkan tempat tersebut beberapa saat sebelum TNI-Polri tiba di Lokasi.

"Kita sudah pada titik kampung makki dan kita sudah melakukan penggeledahan di Area itu dan kelompok ini memang sudah bergeser" Jelas Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri pada (20/5/2021)

Menurut Fakhiri, Anggota TNI-Polri masih terus melakukan pengejaran namun tetap waspada untuk mengantisipasi serangan kejutan dan jebakan KKB.

"Kita maju bertahap dengan tetap memperhatikan Resiko keselamatan diri terhadap anggota kita yang bertugas disana" Ujar Fakhiri

Lebih lanjut Fakhiri meyakini, Saat penyerbuan itu, Anggota KKB sudah keluar dari kampung Makki. Ia mengduga mereka akan terus berpindah sampai mendapatkan pasokan Logistik

"Setelah kemunduran ini, kami yang mereka akan keluar (dari puncak) dan kita sudah sampaikan kepada teman-teman yang ada di puncak jaya untuk mengantisipasi" Lanjut Kapolda Papua ini.

Fakhiri juga menyampaikan bahwa ia telah berkoodinasi dengan Pangdam XVII/Cenderawasih  Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono untuk mengantisipasi pergerakan KKB Pimpinan Lekagak Telenggen ketika melintas.

"Dari Polda kami sudah mengeluarkan instruksi kepada  semua Pam Rawan kepolisian untuk meningkatkan kesiap siagaan. Dengan Pangdam kita sudah bicara untuk sama-sama meningkatkan kesiagaa" Jelas Fakhiri
Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.