Berita Bohong Meresahkan, Masyarakat Marah Hingga Klarifikasi Berita Hoax Dari BMKG

Tragedi Siklon Tropis Seroja yang Naik ke Daratan NTT rupanya menyisahkan Traumatik mendalam di tengah-tengah masyarakat hingga kini.


Sehingga tidak heran jika banyak masyarakat langsung bertindak mengamankan diri ketika ada informasi media yang mengabarkan tentang akan adanya potensi bencana lanjutan.


Seperti yang terjadi di kota kupang dan Rote Ndao dini hari (7/4/2021).


Pemberitaan Media-media tentang potensi Gelombang laut yang naik kedaratan membuat sebagian besar warga yang tinggal di pesisir ramai ramai mengungsi ke dataran tinggi.


Yang aneh adalah Berita ini di keluarkan oleh hampir semua media besar di indonesia dan media-media local di NTT secara seragam dari sumber yang sama yakni pernyataan kepala BMKG di Channel Youtube Sekretaris Presiden


Berita Yang di Keluarkan Media-media ini Sebenarnya adalah Informasi Benar, Yang Salah Adalah Oknum Yang Memplintir Berita ini Jadi Pontensi Gelombang Tsunami


Harian Flobamora sendiri memilih untuk mencari dan menghubungi BMKG untuk mendapatkan Informasi ketimbang mengtip pernyataan ketua BMKG.


Hasilnya BMKG secara resmi menyatakan bahwa Berita tersebut adalah Hoax dan pihaknya tidak pernah mengeluarkan pernyataan tentang Gelombang Tsunami di Wilayah NTT.


Klarifikasi BMKG

Jangan Mudah Percaya Dengan Berita Media, Selidiki dan Cari Informasi Dari Sumber yang Terverifikasi

Saat situasi yang tidak menentukan saat ini, banyak pihak yang tidak bertanggung jawab akan memanfaatkan Media Informasi Seperti Facebook untuk menebar ketakutan dan berita bohong.


Karenanya kami dari Harian Flobamora mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap kritis terhadap informasi media.


Selidi terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan agar  bisa memanimalisir kerugian yang di timbulkan.


Bisa jadi, informasi palsu tersebut sengaja di hembuskan untuk membuat kepanikan atau dengan tujuan lain seperti menjarah (Mencuri) harta korban dan lain sebagainya.

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.