Kebanyakan Pasar Sengaja di Bakar, Mungkinkah Itu Terjadi Pada Pasar Lembor?

Terlihat penyebaran Api Kebaran Pasar Lembor

Lazimnya suatu peristiwa adalah pelajaran untuk orang lain agar kejadian yang sama tidak terulang lagi.

Namun apa yang terjadi di pasar lembor Kabupaten Manggarai Barat-NTT adalah pengecualiannya.

Adalah Hal yang lucu bila kebakaran yang terjadi pada tanggal 5 februari 2021 atau sebulan sebelumnya tidak di jadikan pengalaman oleh Penghuni Pasar Lembor untuk lebih berhati hati lagi.

Betul, sebuah musibah tidak pernah bisa di prediksi dan di tolak kejadiannya, akan tetapi sebuah peristiwa bisa di cegah dengan kehati hatian yang teliti.

Saya masih meyakini bahwa seluruh penghuni ataupun pedagang di pasar lembor masih menyimpan Traumatis atas kejadian sebulan sebelumnya.

Saya juga meyakini dalam diri mereka masih saling berpesan agar selalu memadamkan api dan memperhatikan kabel listrik.

Penulis coba mengangkat peristiwa Pasar Lembor ini dengan membandingkan kejadian yang sama yang pernah terjadi dan terbukti ada 

Bahwa ada pasar yang sengaja di Bakar untuk berbagai alasan seperti Agar proyek baru cepat dilaksanakan, atau agar Revitalisasi berjalan mulus.

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdul Mansuri, pernah menyapaikan Hal ini di Harian Detik.com yang terlansir dari Detik Finance

Kebakaran Pasar Padang Panjang, Sumatra Bara.

Mansuri mengatakan kebanyakan Kebakaran Pasar Tradisional terjadi hasil rekayasa. 

Dia juga menyebutkan, fakta di lapangan menunjukan kebanyakan kebakaran Pasar karena di sengaja oleh pihak pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kebakaran itu letupannya tidak hanya dari satu titik saja. Jadi misal ada letupan di Blok A dan Blok B saat bersamaan.dan kami juga sering melihat adanya Bom molotov", uangkap Mansuri.

Kejadian yang di katakan mansuri sepertinya mirip dengan yang terjadi di pasar Lembor dimana titik kebakaran seolah terjadi pada dua tempat. namun ini hanya Asumsi tentu tidak memiliki tujuan untuk meberikan Infomasi yang sesat.

Kebakaran pasar lembor.

Baca Juga: Hanya Berselang Sebulan, Pasar Lembor Kembali Terbakar

Ketua IKAPPI Abudul Mansuri Melanjutkan, biasanya kebakaran terjadi setelah sebelumnya ada perdebatan antara pedagang dan pihak pasar Agar pasar di Revitalisasi.

Kebakaran Pasar Cianjur

"Kebanyakan pedagang tidak mau, alasannya karena melibatkan investor. Karena tendernya sembunyi sembunyi dan alasan alasan lain", lanjut Mansuri.

Dia menyebutkan sebanyak 85% Pasar di indonesia kurang di lakukan perawatan dan peneliharaan yang berujung.

Padahal bertahun tahun pedagang membayar retribusi pasar tapi pasarnya tidak pernah di urus.

Sementara itu, ketua Bidang Hukum dan Advokasi IKAPPI mengatakan, beberapa contoh pasar yang sengaja di bakar adalah pasar padang panjang, pasar CerebonPasar Cianjur,  Pasar Citra Mas lok Tuang botang, Pasar Way Halim dll.

Untuk di Catat

Tulisan ini hanyalah sudut pandang (Opini Penulis) yang berbeda dari kebanyakan berita yang telah terbit mengenai kejadian kebakaran pasar Lembor.

Semoga kasus Penyebab kebakaran pasar lembor cepat diungkap oleh penegak hukum. 

mari kita do,akan kepada Korban yang terkena Danpak kebakaran agar tetap tabah dan cepat pulih kembali sehingga bisa mulai beraktifitas seperti sediakala.

Untuk Pemda Mabar, ini adalah pelajaran Berharga untuk kedepannya bisa mencari dan memberikan  Sulusi.

Bagaimana agar Damkar (Pemadam Kebakaran) bisa beroperasi di seluruh wilayah Mangggarai Barat Khususnya di Wilayah Rawan kebakaran seperti Pasar Lembor.



Tidak ada komentar

Gambar tema oleh merrymoonmary. Diberdayakan oleh Blogger.